Free Widgets

Selasa, 25 Januari 2011


Proyek Drainase Gg. Muksin
Warga Keluhkan Kinerja Dinas Kebersihan & Perumahan Kota Singkawang

Integritas, Singkawang
  Saat ini pemerintah sedang menggalakkan visi pembangunan kesehatan melalui program Indonesia Sehat. Dengan harapan masyarakat dapat hidup dalam lingkungan yang sehat, berperilaku hidup bersih dan sehat serta mampu menjangkau pelayanan kesehatan yang bermutu secara adil dan merata.
  Ketika tim Investigasi DPD AWI Kalbar secara tidak sengaja melewati daerah kelurahan Roban kec. Singkawang Tengah, tim menemukan item-item proyek Dinas Kebersihan dan Perumahan Kota Singkawang yang pengerjaannya asal-asalan. Warga setempat sangat mengeluhkan kegiatan proyek yang amburadul itu, sehingga tim yang awal tujuannya menjalankan misi dari pusat harus bersedia menerima keluh kesah warga.
  “ Tim, datang ke daerah Roban ini atas mandat dari pusat. Namun, keluhan warga ini juga merupakan panggilan tugas, “ ujar Budi S Gautama ketua DPD AWI Kalbar. Budi juga menjelaskan, temuan-temuan seperti ini bukan hal yang biasa di ruang lingkup pemerintahan, hanya saja ia terkejut karena proyek ini adalah untuk kepetingan kesehatan dan kebersihan warga, tepatnya warga Gg. Muksin.
  Sementara Ian (nama samaran, red), warga setempat yang dari awal kedatangan tim sangat aktif menyampaikan keluhan-keluhannya, sangat berharap proyek kegiatan itu bisa diperbaiki sehingga bisa berfungsi maksimal.
  “ Ini sudah terjadi dan yang perlu dilakukan hanyalah memperbaiki proyek tersebut, “ tutur Ian. Ia juga menjelaskan bahwa apa yang dilakukan Pemerintah pastilah untuk masyarakat, hanya saja ada beberapa oknum yang terlalu mementingkan diri pribadi.
  “Masyarakat taunya Gubernur yang salah. Padahal tidak tahu kondisi di lapangan seperti apa. Saya tidak mau, gara-gara kerjaan proyek tidak genah, Pemerintah yang dianggap masyarakat tidak becus bekerja. Ini yang harus kita hindari,” ungkap Cornelis. Kalimat itu adalah sindiran Gubernur Kalbar untuk para kontraktor, disela-sela kegiatan Forum Jasa Konstruksi Daerah Kalbar di Balai Petitih Kantor Gubernur, pada hari Kamis (6/1) kemarin.
  Tim yang ada dilapangan berusaha untuk mengembangkan temuan itu dan memastikan bahwa yang bertanggung jawab atas proyek tersebut adalah Dinas Kebersihan dan Perumahan Kota Singkawang dengan pelaksana CV. ANDJARIS JAYA dan CV. HASTA PRIMA CONSULTANT sebagai konsultan yang mengawasi pengerjaan proyek tersebut.
  Di samping itu tim juga mendapati pekerjaan proyek pembangunan jalan rabat beton RT. 057 di Kelurahan Roban, Kecamatan Singkawang Tengah, Kota Singkawang, yang tidak genah. Proyek yang anggarannya bersumber dari Dana Program Nasional Peberdayaan Masyarakat (PNPM), senilai Rp 20.883.000,- dengan rincian : BLM PNPM-MP = Rp. 12.665.000,00 dan Gotong Royong = Rp. 8.168.000,00.
  KSM/Panitia adalah Delima, hanya saja ketua RT di sekretariat RT 057 Kelurahan Roban saat ingin dikonfirmasi sedang tidak berada ditempat. “ Kami sudah menitipkan no kontak person yang bisa dihubungi (no hp), namun hingga berita ini diturunkan yang bersangkutan tidak kunjung melakukan komunikasi dengan kami.” kata Budi. Tim hanya ingin mengembangkan informasi dari masyarakat dan tentunya ketua RT paling tidak mengetahui kegiatan proyek ini, namun hal itu sepertinya menjadi hal yang ditakutkan.
  “ Mereka hanya mengejar untung dan target jadwal yang sudah ditentukan dengan mengabaikan kualitas pekerjaan. Sekali lagi kita berharap konsultan dan tim teknis supaya segera turun ke lapangan untuk mengecek ke lapangan. Kita minta jangan sampai terjadi manipulasi data,” tegas Budi.
Temuan-temuan ini akan terus dikembangkan, untuk sementara informasi yang sudah dikantongi adalah pihak-pihak yang bertanggung jawab. “ Kami berharap pihak-pihak yang terkait dengan proyek-proyek ini tidak menutup-nutupi, katakan yang benar itu benar yang salah itu salah, jangan yang benar disalah-salahkan dan yang salah dibenar-benarkan, “ tegas Budi. (tim)

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Host